Gubernur Sulteng yang di Wakili Bupati Buol Membuka Kegiatan Singronisasi Progaram Bidang Kekuatan yang di hadiri 13 Kabupaten dan 1 Kota.

Snews.tv (Buol) – Kabupaten Buol lewat Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Kegiatan Singkroniasasi Program dan kegiatan bidang kelautan dan perikanan Se-provinsi Sulteng yang diikuti oleh 13 Dinas dan UPT kabupaten/ kota, Selasa (21/6/2022) bertempat disalah satu Hotel di kota Buol.

Kegiatan itu dibuka oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang diwakili Bupati Buol dr.Amirudin Rauf,Sp.og,M.Si sekaligus membacakan sambutan Gubernur dihadapan peserta berasal dari berbagai kabupaten Se-Sulteng dan turut dihadiri langsung Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Forkopimda.

Dalam laporannya kadis Kelautan dan perikanan Provinsi Sulteng melalui Sekretaris Dinas menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap visi dan misi Gubernur Sulteng dalam peningkatan Viskal dalam pengentasan kemiskinan di Sulawesi Tengah.

Selain itu dirinya menambahkan kegiatan ini bertujuan bagaimana merancang skema atau pola pengentasan kemiskinan dengan sasaran rumah tangga miskin, nelayan dan pembudidayaan undang Vename di seluruh wilayah Sulteng.

Diakhir laporannya mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan, baik pengelolaan anggaran dan peningkatan asset dan infra struktur.

Sementara itu Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang dibacakan Bupati Buol mengatakan kegiatan Singkronisai ini dilaksanakan guna mempertajam

program-program prioritas di dinas Kelautan dan Perikanan di Sulteng, sehingga kedepan sesuai program, Sulteng menjadi sentral produksi pengembangan dan pengelolaan hasil pembudidayaan undang Vename dengan potensi yang begitu besar, sehingga dapat memberikan income bagi daerah dan masyarakatnya.

” Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan Sulteng yang unggul dalam mengelolah perikanan disetiap kabupaten dan Kota, melirik potensi alam laut yang begitu luas disetiap kabupaten dan dipastikan mampu merubah kehidupan nelayan yang lebih baik lagi menuju hidup yang sejahtera dan tentu pemerintah maupun dinas hadir memberi dukungan dengan modal usaha pengelolaan perikanan yang berbasis teknologi utamanya tambak dengan pemanfaatannya,” ujar Bupati Buol.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buol, Mohamad Khafi Marjuni mengapresiasi atas kehadiran seluruh peserta yang berasal dari 12 Kabupaten/kota dalam kegiatan Singkronisasi program dan kegiatan bidang kelautan dan terutama ucapan terima kasih kepada Dirjen Kelautan dan Perikanan yang tengah sudih hadiri langsung kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Sulteng.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan bagi kelompok nelayan berupa bantuan alat dan modal usaha  bagi kelompok yang diserahkan langsung Bupati Buol dan diampingi oleh DKP Sulteng.

 

 

 

wawan