Program Pendidikan Reguler Angkatan ke 64 Lemhanas RI Sambangi Minahasa

Minahasa – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi menerima kunjungan peserta Study Strategis dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIV (64) Tahun 2022 Lembaga Ketahanan Nasional Lemhanas RI di Aula Benteng Moraya, Tondano Rabu (6/7/2022) siang tadi.

Rombongan ini dipimpin oleh Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr (han) Selaku Tenaga Ahli pengajar bidang hubungan internasional Lemhanas RI dan Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc,Ph.D.

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, S.Sos, M.Sc mengatakan kunjungan kami di Sulawesi Utara ini terbagi dibeberapa tempat, awalnya ke Pemprov dan DPRD Provinsi, kemudian ke Kodam XIII Merdeka dan dilanjutkan ke Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Dan hari ini, kami berkunjung di Kabupaten Minahasa tepatnya di Benteng Moraya, tempat yang begitu indah dan pegunungan nan hijau serta udara yang sangat segar.

Dapat kami laporkan bahwa kegiatan kami ini membawa peserta PPRA sebanyak 64 dan ada 25 peserta terdiri dari berbagai instansi, baik dari TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara. Kemudian dari kepolisian serta rekan-rekan akademisi ada Profesor, juga ada perwakilan dari Parpol Pak Bambang dari fraksi PDIP dan ada rekan-rekan dari swasta serta pemerintahan pusat dan BPJS.

“Peserta PPRA berbagai macam latar belakang, selain Kadis Patiwisata dari Kalimantan Timur, ada salah satu perwakilan dari Sulut Deni Mangala, juga jadi peserta dalam program pendidikan reguler angkatan 64,”kata Widjajanto.

Lanjut dijelaskan Gubernur Lemhanas, bahwa kegiatan kami ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan PPRA Angkatan 64, karena mereka nanti akan mendapat tugas dari lembaga untuk membuat suatu tulisan, baik itu perorangan atau kelompok dan tentunya salah satu bahan yang akan ditulis dalam penulisan itu, adalah dari daerah yang ditunjuk.

“Untuk itu, kami sangat berterima kasih atas segala fasilitas yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten (Penkab) Minahasa beserta jajaran yang telah memberi kesempatan menerima rombongan SSDN, dan tentunya berharap semoga selalu mendapatkan berkah dari Tuhan Yang maha kuasa,”ucapnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Royke Roring, menjelaskan tentang Kabupaten Minahasa dari pemerintahan sampai program pembangunan agar para peserta PPRA ke 64 dapat mengetahuinya. Dijelaskan Danau Tondano dapat mengairi persawahan di sekitar danau, juga menghasilkan ikan Nike dan danau ini sumber aliran listrik di PLTA Tonsea.

Usai danau, bupati juga memaparkan mengenai kondisi Covid 19, dan upaya-upaya pencegahan sehingga sekarang ini telah masuk PPKM level satu, sampai pada biaya rutin atasi virus berbahaya tersebut. Kemudian
disampaikan juga program pembangunan diera kepemimpinannya sampai pada hasil pertanian dan pariwisata hingga pemberian bantuan kepada masyarakat yang berduka maupun terkena bencana kebakaran.

“Inilah pemaparan singkat saya tentang Kabupaten Minahasa, semoga penyampaian ini bisa bermanfaat bagi rombongan yang berkunjung di tanah toar lumimuut ini,”ungkapnya.

Setelah kegiatan di Aula Benteng Moraya berakhir, rombongan PPRA ini menuju ke Restauran Astomi tepatnya dipinggir Danau Tondano untuk santap kasih bersama.

Turut mendampingi bupati, Sekretaris Daerah Frits R. Muntu, S.Sos, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Riviva Maringka, MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Wenny Talumewo, MSi, Asisten Administrasi Umum Dr. Vicky Tanor, SPi, MSi, Forkopimda Minahasa dan SKPD Pemkab Minahasa. Dari Forkopimda, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Ihcram Efendi, Waka Polres Minahasa Kompol Yindar T Sapanggallo, S.Sos, Kepala kejaksaan Negeri Tondano Dicky Oktavian, SH,MH dan Kepala Pengadilan Negeri Tondano Nova Loura Sasube, SH, MH serta Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw,SE.

Adapun Organik dan peserta Lemhanas yang hadir antara lain ;

1. Andi Widjajanto, S.Sos, M.Sc (Gubernur Lemhanas)
2. Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P ( Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional)
3. Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B, M.Tr.Han (Tenaga Ahli Pengajar Bid. Hub.Internasional)
4. Dr. Ninik Rahayu, S.H, M.S (Tenaga Profesional Bid.Hukum dan HAM)
5. Brigjen TNI M. Fachmi Rizal Nasution (Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid.Sismennas)
6. Kolonel Inf Riza Anom Putranto, S.I.P, M, Si (Kasubdit Giattama Ditops Debbiddikpimkatnas)
7. Risda Tyas Maharani, S.T, M.Sc (Pengembang Teknologi Pembelajaran)
8.AKP Hasan Basri (Ajudan Gubernur Lemhanas)
9.Serka Bonggo Pribadi (Ajudan Deputi Pendidikan)

Peserta SSDN PPRA LXIV.

1. Kolonel Laut(S) Taufik Wijoyoko, S.E
2. Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, S.Sos
3. Prof. Dr. Ishaq Iskandar, S.Si, M.Sc
4. Kolonel Laut (P) Agus Surya Dharmawan, SE
5. Dr. Denny Mangala, M.Si
6. Kombes Pol. Bony Sirait, S.I.K, M.H
7.Marsma TNI Dirk Poltje Lengkey, S.E, M.M
8. Kolonel Inf Dian Hardiana, S.I.P
9. Bambang Barata Aji, S.Sos
10. Kolonel Inf. Febriel B. Sikumbang, S.H, MM
11. Dr. Harry Nuriman, S.S, M.Si
12. Kolonel Inf Ayi Lesmana, S.E
13. Kolonel Mar Hendro Suwito
14. Jemmy Ringkuangan, A.P, M.Si
15. Josua Simanjuntak, M.A (RCA), M.A (MKT)
16. Kevin Sebastian Kusuma, BA, M.Sc
17. Masbukhin, S.T
18. Dra. Mathilda Agnes Maria Wowor, M.Si
19. Kombes Pol Mohamad Yudha Setyabudhi, SH, SIK, MH
20. Nuim Mubaraq, S.E, M.K.M
21. Kombes Pol Pahala Hotma Panjaitan, SIK, MSi
22. Kolonel Arm. Raden Selamet, S.E
23. Kombes Pol. Sonny Mulvianto Utomo, SIK,
24. Dra. Sri Wahyuni, MPP (PR)
25. Kolonel Lek Wachid Alchamdani Zen. (ARA)