Air Bersih Kerap Dikeluhkan, Direktur PDAM Minahasa Kumpulkan Kepala Unit

Minahasa – Banyaknya keluhan masyarakat tentang air bersih yang kerap tidak jalan dan kotor sehingga Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Minahasa Rendy Rompas, kumpul semua pimpinan yang ada di unit-unit guna membahas agar penyaluran air bersih tetap maksimal.

Dikatakan Dirut PDAM Minahasa Rendy Rompas, permasalahan yang dikeluhkan masyarakat khususnya di Tondano sangat di pahami, karena masih banyaknya kekurangan yang kami hadapi di internal.

“Penyebab air bersih dari PDAM tidak maksimal, dikarenakan pompa air hanya menggunakan yang lama. Belum lagi, jika ada pipa rusak. Jadi, untuk menangani permasalahan air bersih itu tidak gampang, tapi kami tetap berusaha agar keluhan-keluhan masyarakat dapat teratasi,”ungkapnya kepada sejumkah wartawan, Kamis (4/8/2022).

Lanjut dikatakan Rompas, Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk bangunan atau konstruksi pokok dari sistem pengolahan air bersih, merupakan sarana yang sangat penting di seluruh PDAM. Sebab, bangunan tersebut akan menghasilkan air bersih dan sehat untuk di konsumsi.

“Di dalam pengolahan air bersih tersebut terdapat 3 bangunan atau konstruksi, seperti Intake, Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Reservoir. Dimana IPA ini digunakan disemua Unit PDAM di Minahasa, salah satunya terdapat di Makalongsow dan setiap minggu sumber mata air tempat penampungan itu dibersihkan, agar air yang mengalir tidak kotor seperti keluhan-keluhan sebagian warga di Tondano,”bebernya.

Selain itu, pihak PDAM Minahasa akan menertibkan sambungan-sambungan liar dari masyarakat, atau mereka yang mengambil air tidak melalui meteran.

“Supaya air mengalir lancar, setiap pengguna PDAM yang masih ada meteran air akan di cek. Intinya, ada petugan PDAM akan berpatroli guna menertibkan sambungan-sambungan liar disemua pelanggan,”tutupnya. (ARA)