Tahun Ini, 99 Desa Siap Laksanakan Pilhut

Minahasa – Satu hal yang sangat dinanti-nantikan masyarakat, supaya Desanya segera menggelar Pemilihan Hukum Tua (Pilhut). Kini telah terjawab, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa telah mengagendakan pelaksanaan Pilhut di tahun 2020 ini.

Hal tersebut di benarkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala, MSi. Di katakannya, demokrasi di Minahasa khusus Pilhut bakal dilaksanakan tahun ini, karena sudah tertata dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).”Pilhut di Minahasa bakal digelar gelombang terakhir untuk 6 tahun pertama. Sebab, dari 227 Desa di Minahasa masih tersisa 99 Kumtua yang telah habis masa jabatannya. Untuk itu, Pilhut akan segera di laksanakan”ungkapnya kepada sejumlah wartawan di sela-sela Sertijab Pejabat di Minahasa, Kamis (16/1/2020).

Untuk jadwal pelaksanaan Pilhut. Menurut Mangala, bakal di laksanakan sebelum atau sesudah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini, karena momentum Pilhut tak bisa bertabrakan dengan politik yang lebih tinggi.”Intinya Pilhut di Minahasa akan dilangsungkan pada tahun ini. Untuk itu, pembentukan panitia Pilhut kabupaten dan Desa akan dibentuk. Kalau panitia Desa, Pemkab bakal menyurat ke 99 Desa yang melaksanakan pemilihan tersebut,”pungkas Mangala.

Senada di sampaikan Ketua Komisi I DPRD Minahasa Jeffry Wakary, bahwa Pilhut di daerah ini, sepenuhnya akan di dukung Dewan Minahasa. Sebab, agenda ini wajib dilaksanakan karena telah di anggarkan dalam APBD 2020.”Untuk anggaran Pilhut di tahun ini sekira Rp2,3 miliar dan setiap Desa bakal menelan anggaran Rp 24 juta,”bebernya.

Be the first to comment on "Tahun Ini, 99 Desa Siap Laksanakan Pilhut"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.