Gelar Launching DD Dan ADD, 227 Desa Di Kabupaten Minahasa Segera Terima Dana Desa.(Advetorial)

Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, menggelar Launching Dana Desa, di Karati Hall Kelurahan Tonsaru, pada Jumat (28/2/2020).

Launching Dana Desa, ditandai dengan pelepasan Balon ke udara, oleh Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring.M.Si, yang didampingi Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Manado Wayan Juwena, SE, MM, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, SIK, Kepala Dinas PMD Prov. Sulawesi Utara Drs. Royke Mewoh, M.Si.

Bupati Minahasa dalam sambutannya, menyampaikan “Launching Dana Desa Tahun 2020”, sesuai denga. Amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang memberikan peluang dan kesempatan yang semakin nyata kepada desa untuk semakin berkembang dan mandiri dalam melaksanakan kewenangan dan urusannya. Serta peraturan Permendagri No. 20 tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, dan Permendes PDTT No. 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Pengguna Dana Desa, juga Perbub No. 5 tahun 2020 tentang Tatacara Pengalokasian, Penetapan Rincian, Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa (DD).

Untuk Kabupaten Minahasa sendiri, diTahun Anggaran 2020, dari 227 Desa yang ada, baru 3 Desa yang siap salur alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap I, dan selanjutnya dipastikan akan segera diikuti oleh desa-desa lainnya karena masih sementara proses penyelesaian evaluasi APBDes Tahun 2020 tingkat Kabupaten.

Tiga desa yang siap salur dana ADD dan DD diantaranya, desa Sea Tumpengan, Kec. Pineleng, Desa Kanonang Dua Kec. Kawangkoan Barat, Desa Kayuuwi Satu Kec. Kawangkoan Barat.

Turut hadir, Assisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.Denny Mangala.M.Si, sejumlah Kepala SKPD, Kabag, dan Camat.(ara).