Perkantoran Tergenang Air, Hari Ini Bupati Buol Tinjau Sungai dan Kanal

Bupati Buol, Hi. Amiruddin Rauf didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kadis PUPR diwakili Kabid Pengairan Mustafa Kamal, ST, Camat Biau dan Lurah Leok II Saat meninjau langsung lokasi Banjir yang menggenang DiKompleks Perkantoran Leok II, Rabu (14/10/2020).

SNEWSTV (BUOL) – Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Buol yang terjadi sekitar Pukul 16.00 petang, mengakibatkan banjir yang menggenangi hampir semua gedung yang berada di kompleks perkantoran daerah.

Kabid Pengairan Dinas PUPR menjelaskan, bahwa genangan air yang mengakibatkan banjir ini terjadi hampir diseluruh kompleks perkantoran yang diakibatkan saluran air (kanal) diKompleks tersebut tidak mampu lagi menampung volume air dari hulu Sungai tepatnya dibelakang Asrama Polres Buol.

“Jika aliran sungai dari hulu meluap, maka dipastikan saluran drainase dikompleks perkantoran ini tidak bisa menampung arus air, sehingga mengakibatkan genangan air hampir diseluruh wialayah perkantoran “, Ujar Mustafa Kamal, SST.

Lebih lanjut Ia menambahkan, bahwa sejak rabu petang air mulai meluap dan pihak terkait sudah membersihkan saluran air dari rerumputan yang ada. Akan tetapi, kondisi air tetap meluap, hal ini dikarenakan kondisi Kanal tersebut tidak bisa lagi menampung volume air yang semakin meningkat.

“ Genangan air dikompleks perkantoran tidak berlangsung lama dan berangsur genangan air perlahan-lahan mulai surut dan kembali mengalir ke arah kanal”.Tutup Mustafa.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Buol, Hi.Amirudin Rauf, langsung memerintahkan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan untuk mengagendakan giat besok, yang mana Bapak Bupati akan meninjau Sungai diBelakang Asrama Polres dan melihat kondisi Kanal yang ada.

Sementara itu Bupati Buol mengatakan akan meninjau langsung kondisi Sungai yanga ada di belakang Asrama Polres. ” Ya jika taka da aral melintang besok Kamis pagi (15/10/2020), sekitar pukul 08.00 Wita, kita akan segera bergerak meninjau kondisi sungai dan kanal untuk bisa sesegera mencari solusi dari masalahan ini, Jangan sampai hal ini terjadi lagi dikemudian hari “, tutur Bupati.(ruslan/protokoler)